Jumat, 20 April 2012

Metal UNITED! Bagaimana mengalahkan serangan melayu musik indonesia?


Sebenarnya ga usah dikalahkan. Ini yg namanya 'fad'. Yaitu lagi digemari tp krn dangkal atw ga jelas apa intinya, insyaAllah akan ilang lagi dalam kurun waktu yg ga lama. Kalo pun ini 'trend' yaitu seperti jadi 'kegemaran/kecenderungan baru' yg diambil krn pd 'mengarah' kesana sehingga jd agak lama (bbrp tahun) tetap aja akan berganti dgn trend yg lain lagi atw yg sama noraknya hahahaha...Jadi yg banyak orang ga sadar itu apakah ini 'fad' atw 'trend' & who really cares?! Ya mungkin anak2 metal kyk kita yg bete & benar2 kesal dgn 'fad' atw apalagi kalo ini 'trend'.

Yg ditemukan oleh major labels secara ga sengaja adalah adanya 'niche' (ceruk/celah pasar) yg ternyata cukup solid buat lagu ke'melayu2an'. Padahal udah jelas2 ada saat jaman Search & Iklim dr M'sai sukses disini (kata teman2 gw soalnya gw ga ada di Indonesia waktu itu terjadi). Namanya aja sukses pasti ada pasarnya. Nih pasar udah sepi ga ada produk sekian lama sehingga begitu ada 'jagoannya' yg kena dihati langsung disambut besar2an. Hasilnya terlihat dr penghasilan RBT & penjualan kaset apalagi bajakkan. Konsep pengembangan niche market seperti ini TAPI tuk jenis musik yg lain itulah yg ga diliat/dicuekkin (atw ga ngerti dikembangin) ama para majors.

Biarin aja major label begitu bodohnya hingga ga ngerti akan hal ini sedangkan ini basic business rules yaitu: jangan terlalu kemakan/rakus ama pangsa pasar baru yg membludak sampe lupa atw cuekkin pangsa pasar lain yg udah establish ATW mengembangkan niche yg belum dieksploitir tp berpotensial spt rock/metal (maksud gw beneran rock). Krn bila itu dibiarkan akan berlanjut ke era kegagalan besar2an bila produk2nya udah abis nafas atw 'fad' itu td menghilang apalagi kalo 'trend'nya selesai krn kejenuhan pasar. Ini selalu terjadi dr dulu tp major labels disini terlalu bodoh tuk melihatnya jd selalu bisa kita harapkan tuk mengulang kesalahan masa lalu dgn cara yg spektakuler hahahahaha! So ga perlu dikalahkan hahahaha!

Di sisi yg lain kita yg katanya pencinta/penikmat atw pelaku metal (spt para band) kyk gw hrs memikirkan gimana caranya membangun metal spy jadi industri yg profesional, berkualitas dgn standard2 yg jelas tuk produksi rekaman, label, distribusi, musik publishing, distribusi s/d show2 yg berbobot dgn kualitas sound yg profesional alias bagus dan yg ga bisa dipandang sebelah mata ama the majors. Sistemnya hrs dibangun, infrastrukturnya di jadikan nyata. Itu termasuk A&R (ngebangun, mengembangkan, memproduksi artist2/band2nya) yg jelas & sistematis sampe ke aspek bisnis lainnya. Hanya dgn cara itu standard kualitas produknya naik (band2nya makin keren jg), kualitas show2nya ga asal2an spt yg gw liat dimana2 & akhirnya industrinya membaik dan potensial yg selama ini cuma omongan aja bisa dijadikan nyata.

Ga ada cara lain. Mau kalahkan serangan musik melayu atw musik2 cemen yg kyk taik lainnya ya ayo bangun metal ini sehingga jd genre yg niche marketnya terlihat jelas secara produk, show, bisnis maupun regenerasinya. Karena pangsa pasar kita sebenarnya cukup besar tuk bisa menghidup para musisi2nya yg selama ini kerja bakti bro.
Heed my call! Metal harus bersatu. Kita sama2 ga punya uang. Tp kita punya kekuatan lain yg ga bisa dibeli pake uang. Kita punya otak, gagasan & semangat. Kita punya keberanian. Dan satu lagi bro -we can really play! Gw tau hal2 tertentu. Loe tau hal2 tertentu yg mungkin aja bisa membantu. Mau kalahin serangan itu..metal harus perjuangkan! Bukan cuma dengan yg selama ini gw lihat. Itu kan udah. Terus setelah itu apa? Jangan bullshit aja ya ga? Kita2 yg katanya metal ini punya kontol kan hahahahaha!!!

By: Rahmattripsixkiller.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar